KEWAJIBAN PDAM

  1. Mengoprasikan sarana pelayanan air minum secara optimal.
  2. Memberikan pelayanan air minum kepada pelanggan dengan memperhatikan kwalitas, kuantitas dan kuantinuitas, kecuali dalam keadaan memaksa ( force majeure).
  3. Melaksanakan pergantiian meter air secara periodik paling sedikit setiap 4 (empat) tahun, dan apabila sebelum 4 (empat) tahun meter air mengalami kerusakan, maka kewajiban PDAM untuk melakukan penggantian meter air.
  4. Memberitahukan kepada pelanggan tentang adanya gangguan dan hambatan pelayanan.
  5. Melakukan pemeriksaan kualitas air minum.
  6. Melayani dan menindaklanjuti keluhan pelanggan.
  7. Meningkatkan kapasitas air untuk mrnjaga kontinuitas pendistribusian.
  8. Melakukan perbaikan jalan/fasilitas umum yang kerusakannya diakibatkan dari penggalian sambungan pipa PDAM.  

HAK PDAM

  1. Menagih dan menerima hasil penjualan air dan/atau non air dari pihak lain atau pelanggan.
  2. Menetapkan dan mengenakan denda terhadap keterlambatan pembayaran tagihan.
  3. Menolak dan/atau menerima permintaan calon pelanggan dengan memperhatikan kapasitas produksi dan alasan-alasan teknis lainnya.
  4. Menjatuhi sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggan, atau pihak lain sesuai ketentuan.
  5. Melakukan pemeriksaan atas rangkaian pipa persil apabila diperlukan.
  6. Memperoleh kuantitas air baku sesuai izin yang telah didapat.