Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Handayani Kabupaten Gunungkidul pastikan pelayanan air bersih saat libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 nanti tetap berjalan normal. Berbagai upaya terus dilakukan PDAM Tirta Handayani dengan terus memaksimalkan sistem pelayanan terhadap para pelanggannya.
Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Gunungkidul Toto Sugiharta, S.T.P. mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan beberapa tindakan untuk optimalisasi pelayanan. Salah satunya ialah pembentukan tim percepatan pelayanan gangguan hingga pasca lebaran. Tujuannya ialah untuk memenuhi tingginya permintaan kebutuhan air yang meningkat dan mengantisipasi adanya kendala teknis pelayanan selama libur lebaran. Toto berharap dengan upaya tindakan preventif maintenan ini tidak ada lagi peralatan teknis yang mengalami kerusakan, juga harapannya listrik PLN tidak mengalami gangguan.
Sementara itu Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani Imam Prakosa, S.T. menyampaikan bahwa saat ini PDAM Tirta Handayani telah melakukan beberapa tindakan teknis untuk optimalisasi cakupan pelayanan diantaranya adalah pemasangan 2 Pompa masing-masing bekapasitas 75 KW di PDAM Cabang Baron dan pemasangan Pompa 9,2 KW di sumur Bor Sawahan pracimantoro.
Selain itu PDAM Tirta Handayani juga melakukan giat pengerjaan perbaikan pada pipa jaringan ke pelanggan untuk meminimalisir kebocoran. Imam menjelaskan, PDAM Tirta Handayani upayakan pasokan selama menjelang lebaran hingga pasca lebaran pasokan distribusi air ke pelanggan khususnya wilayah Kapanewon Saptosari, Tanjungsari, Paliyan dan Panggang aman. Selain itu, juga telah mempersiapkan dan mencadangkan beberapa peralatan teknis yang vital mengalami keruskan.
Pada sisi pelayanan adminstratif, Direktur Umum Sulistyo Aribowo, S.E. menambahkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan petugas piket selama 24 jam saat libur lebaran untuk pelayanan pengaduan pelanggan, baik melalui media sosial maupun melalui nomor telfon kantor. Bagi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran, PDAM Tirta Handayani juga masih melayani loket pembayaran ditanggal 19-20 April 2023 pada jam pelayanan mulai Pukul : 07.30 – 13.00 WIB.
Selain itu, untuk memudahkan pelayanan pembayaran selama libur lebaran PDAM Tirta Handayani telah bekerjasama dengan mitra pembayaran online seperti: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Isaku, Jogjakita, Gojek, Fastpay, Dana, Blibli, BTN mBanking, BPD DIY mBanking, BRI mBanking, BNI mBanking, Cermati.com, Griya Bayar, BNI mBanking, Klikindomaret, Ralali.com, Kios bank, Kioson, dan LinkAja.
Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, PDAM Tirta Handayani berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Diharapkan dengan persiapan yang telah dilakukan, masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan nyaman tanpa khawatir akan kelangkaan air bersih.