2 Bulan Air Tidak Ngalir, Dirtek PDAM Tirta Handayani Lakukan Koordinasi

Menanggapi keluhan masyarakat pelanggan di Padukuhan Kasihan, Kalurahan Balong, Kapanewon Girisubo Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani Kabupaten Gunungkidul Imam Prakosa, ST melakukan silaturahmi pelanggan sekaligus meninjau lokasi terdampak, Sabtu (04/02/23). Bertempat dikediaman pelanggan, Samino (50) Warga Padukuhan Kasihan bersama dengan salah satu tokoh pemerintah Kalurahan setempat melakukan koordinasi dengan Pihak PDAM tentang permasalahan yang terajadi.

Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani Imam Prakosa, S.T. bersama jajarannya melakukan koordinasi dengan masyarakat pemerintah kalurahan setempat dan pelaksana kontraktor proyek JJLS Kalurahan Balong, Girisubo (04/02/23)

Didampingi oleh Kasie Teknik PDAM Cabang Bribin, Kasubag Humas Pelanggan, dan Kasubag Perencanaan Teknik Imam memberikan penjelasan terkait permasalahan yang timbul tidak lain ialah relokasi Pipa PDAM dampak pembangunan proyek JJLS ( Jalur Jalan Lintas Selatan ) di Kalurahan Balong, Kapanewon Girisubo.

Dampak dari kendala tesebut terdapat sedikitnya 60 Pelanggan di Padukuhan Kasihan menyatakan 2 bulan tidak pernah mendapatkan pelayanan air dari PDAM . Menanggapi hal tersebut Imam kepada masyarakat mengungkapkan permohonanan maaf dan berkomitmen akan segera melakukan tindakan teknis dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dengan adanya proyek pembangunan JJLS di wilayah Kalurahan Balong pihak PDAM Tirta Handayani sebelumnya sudah melakukan tindakan preventif demi mengantisipasi adanya kendala suplai aliran kepada pelanggan, namun berjalanya pembangunan terdapat kendala pada jaringan pipa yang melibatkan pihak Kontraktor pelaksana pembangunan JJLS dengan Pihak PLN.

Direktur Teknik, Kasie Teknik PDAM Cabang Bribin, Kasubag Humas Pelanggan, dan Kasubag Perencanaan Teknik meninjau lokasi jaringan pipa pada proyek Pembangunan JJLS (04/02/23)

Hadir juga dalam koordinasi tersebut perwakilan pelaksana kontraktor, Maulana (40) menjelaskan bahwa kendala tersebut timbul karena adanya beberapa tiang PLN yang tidak kunjung dipindah sehingga menunda pihak kontraktor dalam proses penggalian dan pihak PDAM dalam melakukan relokasi pipa, hal demikianlah yang mengakibatkan suplai air ke pelanggan tertunda. Pihak kontraktor juga menegaskan bahwa sudah melakukan upaya koordinasi dengan pihak PLN namun sampai saat ini tidak kunjung dilakukan relokasi tiang togor listrik yang menurutnya menghambat proses pembangunan.

Proyek Pembangunan JJLS Padukuhan Kasihan, Kalurahan Balong, Kapanewon Girisubo (04/02/23)

Kendati demikian Jumadi (50) Kasie Teknik PDAM Cab Bribin bersepakat bersama pihak kontraktor pelaksana proyek pembangunan JJLS kepada masyarakat berkomitmen akan melakukan upaya alternatif yaitu dengan merubah desain pola jaringan pipa PDAM agar pelayanan kepada pelanggan di Padukuhan Kasihan, Balong dan sekitarnya bisa segera teraliri suplai air PDAM. Hasil dari proses perundingan tersebut menghasilkan mufakat bahwa PDAM Tirta Handayani bersama Pihak kontraktor akan terus melakukan koordinasi dan singkronisasi agar proyek pembangunan jalan tersebut tidak terkesan merugikan masyarakat, warga berharap solusi tersebut agar segera direalisasikan sehingga pelayanan suplai air PDAM Tirta Handayani bisa segera normal kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *